Pahala Takut Kepada Allah

Assalamualaiakum Wr.Wb
Hai Sobat kali saya akn melanjutkan cerita dari novel KETIKA CINTA BERBUAH SURGA karya Habiburrahma El Shirazy
kali ini adalah cerita no 2 yaitu Pahala Takut Kepada Allah.

                                             PAHALA TAKUT KEPADA ALLAH

Dalam sebuah Hadist Qudsi, ada riwayat mengenai balasan yang di berikan Allah kepada orang yang takit kepada-Nya.

Rasulullah SAW bersabda. "Ada seorang lelaki yang tidak pernah berbuat kebajikan sama sekali. Lelaki itu berwasiat kepada keluarganya, Jika aku mati, maka bakrlah aku hingga lumat menjadi abu.Kemudian, taburkanlah sebagian abu itu di daratan, dan sebagian lagi di laut. Demi Allah, jika Allah menghisabku, pasti dia akan mengazabkudengan azab yang tidak pernah ditimpakkan kepada seoranpun di alam semesta ini!"

Tatkala lelaki itu meninggal, keluarganya melaksanakan apa yang telah dia wasiatkan kepada mereka. Lalu, Allah memerintahkan daratan untuk mengumpulkan abu yang disebar didaratan itu dan memerintahkan lautan untuk mengumpulkan debu yang disebar dilautan itu.

Kemudian, Allah SWT bertanya kepada lelaki itu (Setelah dihidupkan kembali), 'mengapa kau lakukan ini?'
 
Lelaki itu menjawab, 'karena aku tekut kepada-Mu Tuhanku, dan Engkau lebih tahu itu.'

Allah SWT lalu mengampuninya."

Kisah dalam Hadist Qudsi ini begitu menggelitik dan penuh hikmah. Seseorang yang selalu berbuat maksiat dan tidak pernah beramal shalih sedikit pun,  masih memliki rasa takut kepada Allah SWT. Keagungan Allah ada didepan matanya, sehingga ia takut akan hisab dan azab Allah atas perbuatannya didunia.

Ketakutannya ini membuatnya berwasiat bodoh. Setelah mati, dia ingin mayatnya dibakar dan abunya disebar didaratan dan lautan. Dengan begitu, dia berharap tidak akan bisa dihisab oleh Allah SWT.
Dia ingin selamat dari azab Allah SWT.

Hikmah yang dapat diambil dari kisah tadi adalah, sekecil apapun keimanan dalam dada seseorang (yaitu keyakinan akan adanya Allah, Hisab dan keadilan Allah) dapat mendatangkan ampunan dan rahmat Allah SWT. Bagaimana jika rasa takut kepada Allah itu dihadirkan setiap saat dengan disertai amal shalih?
Tentu, pahala yang disediakan Allah, akan lebih besar dan agung.

Didalam Al-Quran, Allah SWT telah berfirman dan memberikan kabar gembira, "Dan adapun orang-orang yang takut kepada keagungan Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya,  maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya)." (QS an-Naazi'aat [79]: 40-41). 

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Sesuatu Disini Ya Sobat